copyright @ 2013 by.arp_wibawa@yahoo.co.id. Powered by Blogger.

Jumlah Visitor

Blog Archive

Wednesday, October 26, 2011

Pendidikan Karakter Dalam Kepramukaan


MOTTO : Pendidikan tanpa karakter, perdagangan tanpa moralitas, ilmu pengetahuan tanpa kemanusiaan, politik tanpa prinsip/etika, semuanya tak berguna dan sangat membahayakan
(diambil dari presentasi Tim Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan Nasional).

Alasan utama kenapa Pendidikan Karakter sekarang ini sangat diperlukan, tidak saja didalam kegiatan-kegiatan seperti Pramuka atau yang lainnya tetapi setiap lapisan atau elemen pendidikan dan masyarakat yang mengutamakan Pendidikan Karakter itu perlu.  
Mungkin kita semua sudah sering menyaksikan perilaku generasi muda yang menyimpan dari norma-norma moral, sosial maupun agama. Dalam lingkungan sosial di sekitar kita tinggal banyak dijumpai anak-anak muda yang suka mabuk-mabukan, judi, atau bahkan ada yang berani “mengompas” orang-orang yang sedang lewat. Kita juga sering mendengar anak-anak muda yang hamil di luar nikah. 
Kondisi seperti ini tentu sangat memprihatinkan kita semua. Di tengah kondisi bangsa yang sedang terpuruk secara ekonomi, moralitas generasi muda kita juga terpuruk. Keterpurukan moralitas generasi muda tentu sangat mengkawatirkan kita semua, sebab merekalah yang akan menjadi pemimpin bangsa di masa mendatang. Kita tidak bisa membayangkan seandainya bangsa ini nanti dipimpin oleh orang-orang yang tidak bermoral, mungkin negara ini akan semakin kacau. Terpuruknya perekonomian bangsa ini antara lain juga disebabkan oleh kemerosotan moralitas bangsa. Korupsi di kalangan elit politik dan birokrasi merupakan salah satu indikator kemerosotan moralitas bangsa.

Kenapa Pendidikan Karakter Wajib Dimasukan dalam setiap Kegiatan Pendidikan?
Orientasi siswa sudah kita ketahui bersama merupakan pengenalan lingkungan sekolah yang termasuk di dalamnya juga tentang berbagai aturan, tradisi, etika belajar dan besosialisasi siswa dengan masyarakat sekolah, yang diharapkan sedini mungkin diketahui dan dipahami siswa baru bersama warga sekolah lainnya.

0 comments

Post a Comment

Bisnis Online