copyright @ 2013 by.arp_wibawa@yahoo.co.id. Powered by Blogger.

Jumlah Visitor

Blog Archive

Monday, August 5, 2013

Membuat Object Dasar 3Ds Max

Dasar dalam pembuatan animasi adalah object-object yang di modifikasi atau dibentuk sedemikian sehingga membentuk suatu object sempurna yang kita inginkan, misalnya bentuk object manusia hanya perlu menggunakan object box saja dan dikembangkan sesuai keinginan. 
Pada kesempatan ini saya ingin membentuk suatu object dasar yang sederhana menjadi rangkaian-rangkaian object yang sempurna. 
 
Kita coba membuat rangkaian object-object seperti dibawah ini, maka object yang dibutuhkan antara lain :
- Object Tube  (Standart Primitive)
- Object Cilinder (Standart Primitive)
- Object Gengon (Extended Primitive)
- Object Piramid (Standart Primitive)
- Object Plane (Standart Primitive)
Sekarang kita rangkai object-object diatas menjadi rangkaian dibawah, cekidot...
 

1. Buka program 3Ds Maxnya, semua versi bisa digunakan, disini saya menggunakan versi 2009.
2. Pertama kita buat object Cilinder dari Strandart Primitive seperti dibawah
3.  Kita copy/clone object silinder yang sudah kita buat seperti dibawah dengan cara, klik kanan pilih clone, sehingga tampil menu pilihan seperti dibawahnya.
Sehingga hasilnya menjadi seperti dibawah ini, dengan dua buah object silinder.

 4. Selanjutnya kita buat Object Tube pada Standart Primitive seperti dibawah
5. Copykan/clone object tube yang sudah ada dan dipotong menjadi seperti dibawah dengan perintah Slice On (diaktifkan) dan tentukan panjangnya potongan tube yang sudah dicopy/clone.
Pada parameter object tube aktifkan Slice On (beri centang) dan berikan nilai pada Slice From (sesuai keinginan).
6. Selanjutnya buat Object Gengon pada Extended Primitive, Gengon adalah object untuk membentuk tiang dengan beberapa segi (segi 3, 4, 5 ataupun yang lebih besar sesuai dengan keinginan), disini saya menggunakan segi 5.
Clone/copy object Gengon menjadi 3 buah seperti dibawah.
Selanjutnya copy/clone potongan tube yang dibuat dan ditaruh diatas 3 buah object gengon yang sudah jadi seperti dibawah.
Beri object box ditengahnya seperti dibawah dan hasilnya...
7.  Berikutnya kita buat Object Plane dan Piramid pada Standart Primitive seperti dibawah.
 8. Selanjutnya untuk memberi kesan seperti nyata kita beri warna/material yang kita ambil dari material bawaannya 3Ds Max, seperti berikut
Dari menu Rendering pilih Material Edittor/tekan huruf M pada keyboard, sehingga muncul tampilan jendela menu Material
Pilih salah satu bahan material dan klik Get Material sehingga muncul jendela Material seperti dibawah, pilih sesuai object yang akan diberikan meterial, misalnya akan memberikan pada object Piramid seperti dibawahnya
silahkan berikan material-material pada object yang lainnya sesuai dengan kreasinya masing-masing, dari contoh diatas hasilnya...
9. Selanjutnya kita beri object pohon, sehingga membuat lebih menarik, dari menu AEC Extended pilih Foliage pilih jenis pohon sesuai keinginan.

10. Terakhir memberikan efek object terendam oleh tanah, sebelumnya kita convert pada object Plane menjadi Mesh dengan cara klik kanan pada Object Plane pilih Convert to Edittable Mesh.
Maka akan tampil menu edittable dalam bentuk mesh, pilih vertex untuk merubah bentuk titik pada object plane tersebut sesuai yang diinginkan, seperti dibawah...
 Dan hasilnya...
Tinggal memberikan animasi-animasi sederhana didalamnya seperti animasi kamera maupun animasi lighting (lampu), kita bahas lain waktu. Selamat Berkarya.

 
 


 
 






0 comments

Post a Comment

Bisnis Online