copyright @ 2013 by.arp_wibawa@yahoo.co.id. Powered by Blogger.

Jumlah Visitor

Blog Archive

Monday, August 19, 2013

Menggabungkan Object di 3Ds Max dengan "Boolean"

Boolean merupakan fasilitas tool 3Ds Max pada command panel > compound object yang digunakan untuk menggabungkan beberapa object menjadi satu object. Seperti halnya fasilitas tool yang ada pada aplikasi corel draw dimana untuk menggabungkan beberapa object dengan menggunakan weld, trim maupun intersect. Jadi prinsipnya sama dengan fasilitas itu.
Sekarang kita praktekkan saja dalam menggabungkan object-object di 3Ds Max dengan menggunakan compound object (boolean).
Compound Object Boolean ada 5 tool yang dipakai antara lain :
1. Union
2. Intersection
3. Subtraction (A-B)
4. Subtraction (B-A)
5. Cut
 
Pertama kita praktekkan dengan Union.
Pertama kita buat dua buah object seperti dibawah dengan warna yang berbeda untuk membedakan hasilnya nanti

Setelah itu kita coba menjadikan satu dari dua object diatas dengan tool boolean > operation union. Klik object cilinder > pilih Union pada operation union > klik Pick Boolean dan hasilnya
 Hasil dari Boolean > Union, object box dan silinder bergabung menjadi satu dengan warna merah, mengikuti object pertama kali yang aktif. Begitu sebaliknya jika yang aktif pertama kali object box maka warna akan berubah menjadi hijau.

Kedua kita praktekkan menggunakan Intersection.
Masih sama dengan object yang sama yaitu box dan silinder, kalau tadi kita menggunakan Union sekarang menggunakan Intersection.
Langkahnya sama, klik/aktifkan silinder lalu aktifkan Intersection > klik Pick Boolean > klik pada object box dan hasilnya object hanya menjadi sebagian yang membentuk irisan object silinder dengan warna merah.

Selanjutnya kita praktekkan dengan manggunakan Subtraction (A-B)
Masih sama seperti langkah-langkah diatas, pertama kita aktifkan object silinder atau kita coba ganti aktifkan object box, lalu aktifkan Subtraction (A-B) > klik Pick Boolean > klik pada object Silinder, maka hasilnya...
Object box berlubang sesuai dengan object silinder dengan warna mengikuti object pertama yang diaktifkan.

Kita praktekkan menggunakan Subtraction (B-A)
Dengan kita aktifkan object box sama seperti diatas, lalu klik Subtraction (B-A) > klik pada Pick Boolean > klik pada object Silinder dan hasilnya seperti dibawah. Perpotongan silinder dengan box membentuk silinder yang terpotong dengan warna mengikuti object pertama yang diaktifkan.

Terakhir kita coba Boolean Cut.
Cut disini ada empat macam, Refine, Split, Remove Inside dan Remove Outside
Kalau menggunakan refine hasilnya, dengan objecct silinder yang aktif pertama
 Menggunakan Splite maka hasilnya sama dengan Refine.

Menggunakan Remove Inside maka hasilnya

Menggunakan Remove Outside maka hasilnya

Demikian penjelasan singkat tentang salah satu fasilitas yang ada di command panel compound object dengan boolean, itu merupakan dasar dalam pembentukan-pembentukan object yang lebih rumit lagi.
Lain waktu kita bahas dalam penggunaan boolean yang diterapkan pada object-object yang realistis.

Semangat Berkarya.

0 comments

Post a Comment

Bisnis Online